Rabu, 12 Desember 2012

Sejarah dan Keungulan JAVA


Ni… bagi agan-agan yang lagi ingin mengetahui asal mula alias sejarahnya bahasa JAVA. Awalnya sih ane masih malas posting, tapi pas lihat ni artikel… jadi pingin share deh… sapa tau agan-agan semua lagi butuhin. Ni artikel ane ambil dari salah satu file PDF yang ane temuakan di google. Bahasanya agak sedikit formal sih, tapi moga aja agan-agan betah hehehe.  Silahkan menikmati….!
SEJARAH JAVA

Proyek Java dimulai pada tahun 1991, ketika sejumlah insinyur perusahaan Sun Microsystem yang dimotori oleh James Gosling memulai Green Project, yaitu proyek penelitian untuk membuat bahasa komputer yang digunakan pada chip-chip embedded untuk peralatan konsumen (inteligent consumer electronic devices) seperti remote TV.
Keharusan untuk membuat bahasa yang kecil , dan kode yang ketat mendorong mereka untuk menghidupkan kembali model yang pernah dicoba oleh bahasa UCSD Pascal, yaitu mendesain sebuah bahasa yang portable yang menghasilkan kode intermediate. Kode intermediate ini kemudian dapat digunakan pada banyak komputer yang interpreternya telah disesuaikan.
Karena orang-orang Sun memiliki latar belakang sebagai pemakai unix sehingga mereka lebih menggunakan C++ sebagai basis bahasa pemrograman mereka, maka mereka secara khusus mengembangkan bahasa yang berorientasi objek bukan berorientasi prosedur. Seperti yang dikatakan Gosling ”Secara keseluruhan, bahasa hanyalah sarana, bukan merupakan tujuan akhir”. Dan Gosling memutuskan menyebut bahasanya dengan nama “Oak” (diambil dari nama pohon yang tumbuh tepat diluar jendela kantornya di Sun), tetapi kemudian nama Oak diubah menjadi java, karena nama Oak merupakan nama bahasa komputer yang sudah ada sebelumnya.
Pada tahun 1994 sebagian besar orang menggunakan mosaic, browser web yang tidak diperdagangkan yang berasal dari pusat Supercomputing Universitas Illinois pada tahun 1993.( Mosaic sebagian ditulis oleh Marc Andreessen dengan bayaran $6.85 per jam, sebagai mahasiswa yang melakukan studi praktek. Di kemudian hari ia meraih ketenaran sebagai salah seorang pendiri dan pemimpin teknologi di netscape) Browser yang sesungguhnya dibangun oleh Patrick Naughton dan Jonathan Payne dan berkembang ke dalam browser HotJava yang ada saat ini. Browser HotJava ditulis dalam Java untuk menunjukkan kemampuan Java. Tetapi para pembuat juga memiliki ide tentang suatu kekuatan yang saat ini disebut dengan applet, sehingga mereka membuat browser yang mampu penerjemahkan kode byte tingkat menengah. “Teknologi yang Terbukti” ini diperlihatkan pada SunWorld ’95 pada tanggal 23 mei 1995, yang mengilhami keranjingan terhadap Java terus berlanjut.
KEUNGGULAN JAVA
  1. Sederhana (Simple), Java dimodelkan sebagian dari bahasa C++ dengan memperbaiki beberapa karakteristik C++, seperti penambahan fungsionalitas, pengurangan kompleksitas. Contohnya, java menghilangkan multiple inheritance dari C++ dengan menggunakan interface.
  2. Berorientasi Objek (Object Oriented), dalam memecahkan masalah, bahasa Java membagi program menjasi objek-objek, kemudian memodelkan sifat dan tingkah laku masing-masing objek. Kemudian Java menentukan dan mengatur interaksi antar objek.
  3. Terdistribusi (Distributed), fitur- fitur Java sangat mendukung teknologi internet yang saat ini berkembangsehingga dapat mendukung pemrograman terdistribusi.
  4. Multiplatform, Bahasa Java dapat diterjemahkan oleh java interpreter pada berbagai macam sistem operasi (linux, windows, apple)
  5. Multithreaded, thread adalah proses yang dapat dikerjakan oleh suatu program dalam suatu waktu. Java bersifat multithreaded, sehingga dapat mengerjakan beberapa proses dengan waktu yang hampir bersamaan.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More